Tips Aneka Daging Ayam Berikut Sebelum Anda Memutuskan Membelinya

Tips Aneka Daging Ayam Berikut Sebelum Anda Memutuskan Membelinya

Bagi Anda yang memiliki hobi makan, tentu saja familier dengan olahan daging ayam yang seringkali disajikan dengan menggunakan sambel sebagai pelengkap. Namun jika Anda ingin mencoba untuk mengolahnya sendiri di rumah, maka Anda harus memerhatikan banyak hal ketika ingin memilih ayam yang tepat.

Sebelum memasak, Anda harus memastikan dulu apakah ayam yang ingin Anda gunakan harus ayam utuh atau yang sudah dipotong-potong kecil terlebih dahulu? Sebab beda resep maka beda pula jenis ayam yang dibutuhkan. Sebaiknya Anda menuliskan resep yang jelas agar dapat memandu Anda dalam menghasilkan makanan yang enak. Jika sudah jadi, maka berikut informasi aneka daging ayam yang bisa menjadi pilihan Anda.

Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat

Jika Anda mencari ayam utuh, maka pertama kali yang bisa Anda perhatikan adalah cairan yang keluar dari ayam tersebut. Jangan pernah membeli ayam yang terlihat mengeluarkan cairan tertentu seperti darah dan sebagainya. Sebab biasanya sel ayam yang seperti itu telah mengalami kerusakan dan tentu saja sudah tidak segar lagi.
Selanjutnya Anda dapat menyentuh langsung. Daging ayam segar akan memiliki tekstur yang cukup elastis dan tidak terlalu kaku. Misalnya saat ditekan, daging ayam akan langsung kembali ke bentuk semula. Jika tidak, maka bisa jadi ayam itu mungkin berkualitas rendah dan tidak terlalu laku.

Apabila Anda belum terlalu yakin apakah ayam tersebut masih segar, Anda bisa mencoba untuk menghirup baunya. Daging ayam segar akan mengeluarkan bau yang khas dan tidak amis menyengat atau berbau bahan kimia. Bau ayam yang menyengat bisa jadi karena ayam tersebut kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

Untuk Anda yang ingin membeli ayam di supermarket dan bukan di pasar, Anda harus jeli memerhatikan plastik yang menutupi ayam tersebut. Jatuhkan pilihan Anda pada ayam yang terbungkus dengan rapi dan tidak ada bagiannya yang sobek. Kemasan ayam yang sobek dapat membuat debu atau bakteri masuk dan menempel pada ayam tersebut.
Terakhir, Anda bisa menggunakan indra penglihatan Anda untuk melihat warna ayam yang akan Anda beli. Daging ayam segar dan sehat akan terlihat putih kemerah-merahan. Hindari ayam yang memiliki warna kelam atau lebam kebiru-biruan. Hindari juga ayam yang berwarna putih bersih tanpa kemerahan, sebab biasanya ayam tersebut telah diberi zat kimia tertentu.

Daging Ayam Potong

Memilih Daging Ayam Beku Berkualitas

Mungkin sebagian orang masih memiliki banyak ketakutan untuk membeli daging ayam beku sebagai olahan utama masakan mereka. Ada banyak pemicu, seperti ayam beku dinilai tidak terlalu sehat dibanding ayam segar yang lainnya. Namun sebenarnya ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mengatasi hal ini.

Pertama, sebisa mungkin belilah daging ayam beku di akhir Anda berbelanja dan ketika sudah ingin pulang ke rumah. Ini dapat meminimalisir daging ayam agar tetap baik dan terjaga ketahanannya.
Kedua, daging ayam beku pilihan Anda haruslah yang berwarna kemerahan dan tidak pucat, lebam, atau bahkan berwarna hijau. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa ciri ayam yang segar secara keseluruhan adalah yang memiliki warna kemerahan, entah itu beku ataupun tidak.

Ketiga, setiap daging ayam beku akan diberi kemasan dengan plastik yang pas. Perhatikan dengan saksama tanggal kadaluarsa dari ayam tersebut. Karena dibungkus dengan rapi, ayam tidak tersentuh lalat atau kuman. Maka sebenarnya daging ayam beku juga memiliki resiko persebaran kuman yang rendah dibanding ayam yang dibiarkan terbuka begitu saja.

Keempat, jangan biarkan plastik kemasan daging ayam beku Anda rusak. Ketika plastik rusak, maka bisa jadi kuman akan masuk dan hinggap di ayam tersebut. Sebab salah satu keuntungan dari membeli ayam beku selain harganya murah adalah kebersihannya selalu terjaga dalam kemasan yang bersih.

Memilih Daging Ayam Broiler

Ayam broiler memang memiliki daging yang cukup lunak dibanding ayam kampung. Tidak heran ayam jenis inilah yang menjadi primadona di warung lalapan pinggir jalan. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memasak daging ayam broiler ini di rumah.
Pertama, sebelum membeli ayam broiler jangan lupa menimbang beratnya. Pilihlah ayam yang memiliki berat antara 900 gram hingga 1,2 kg. Sebab jika lebih dari itu, Anda tentu harus repot untuk membersihkan lemak yang begitu banyak pada ayam. Ini akan menyita waktu Anda dalam memasak.

Kedua, perhatikan bagian leher dan kepala dari daging ayam broiler Anda. Jangan ambil ayam yang masih menyisakan darah pada kedua bagian tersebut. Sebab itu menunjukkan bahwa penjualnya tidak membersihkan dengan benar. Lagi pula darah yang menempel justru bisa menjadi pertanda ayam tersebut sudah tidak segar lagi.
Ketiga, sebaiknya Anda membeli ayam hidup yang langsung dipotong di depan Anda. Anda juga bisa meminta untuk memotong-motong daging ayam broiler tadi menjadi beberapa bagian. Ini bisa membantu Anda untuk menjamin sendiri kesegaran yang ada dalam ayam tersebut.

Keempat, ayam segar akan terlihat dari penampakan fisik yang bagus. Daging ayam broiler dan yang lain jika sehat akan memiliki penampilan yang sama, yaitu berwarna putih kemerah-merahan. Hindari pembelian ayam yang memiliki bercak pada bagian tubuhnya. Jika bisa disentuh, pastikan kulit ayam pilihan Anda bersih dan tidak licin.

Daging Ayam Broiler

Memilih Daging Ayam Potong Higenis

Selain jenis-jenis ayam yang sudah dijelaskan di atas, ada satu lagi jenis ayam yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, yaitu ayam potong. Seperti jenis ayam sebelumnya, dalam memilih daging ayam potong yang higenis juga diperlukan cara yang tepat.

Pertama, ketahuilah bahwa daging ayam potong yang segar hanya akan bertahan sekitar 4 hingga 6 jam setelah ayam tersebut dipotong. Anda bisa coba menanyakan langsung pada penjualnya, jika beruntung mereka mungkin akan menjawab dengan jujur.

Kedua, perhatikan daging ayam potong Anda. Biasanya ayam potong memiliki daging yang lebih kekuningan dan sedikit putih. Lapisan lemak yang terdapat dalam tubuh ayam juga akan memiliki warna yang serupa dan tentu saja akan merata.

Ketiga, hirup aroma ayamnya. Secara keseluruhan, semua ayam yang memiliki daging yang sehat tidak akan berbau menyengat. Aroma yang keluar justru aroma khas daging. Tidak ada bau anyir sama sekali.

Itulah tadi berbagai tips yang bisa Anda terapkan dalam membeli ayam di pasar atau di supermarket. Jangan pernah sungkan untuk melakukan tips di atas meskipun mungkin Anda akan dilihat oleh penjualnya secara langsung. Sebab mengonsumsi daging ayam yang sehat tentu akan memberi manfaat yang luar biasa. Tujuan Anda mengonsumsi ayam untuk mendapatkan manfaatnya, jangan sampai yang Anda dapatkan adalah penyakit setelahnya. Telitilah dalam membeli ayam yang tepat untuk Anda dan juga keluarga. Selamat mencoba dan semoga berhasil!