Tips Membuat Olahan Daging Ayam dan Menu Lezat Khas Nusantara

Tips Membuat Olahan Daging Ayam dan Menu Lezat Khas Nusantara

Masakan atau olahan daging ayam ada di semua daerah di Indonesia. Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dikreasikan dan digemari masyarakat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya menu restoran yang menawarkan olahan berbahan dasar daging ayam. Anda bisa mencoba aneka menu daging ayam khas nusantara yang menggugah selera di bawah ini.

Menu masakan daging ayam nusantara & cara tepat mengolahnya

Cita rasa khas Indonesia berasal dari beragam bumbu dan rempah-rempah lokal yang sudah digunakan sejak dahulu. Aroma hidangan nusantara mampu menggugah selera makan, bahkan banyak masakan dari dalam negeri yang sudah diakui dunia internasional. Berikut adalah menu-menu masakan daging ayam yang patut dinikmati.

  1. Ayam taliwang dari Pulau Lombok

Lombok memiliki masakan khas daging ayam yang disebut ayam taliwang. Cirinya adalah mempunyai rasa pedas dari bumbu cabai yang dibubuhkan.

  1. Rica-rica ayam

Anda bisa menikmati olahan pedas daging ayam lainnya dari menu ayam rica-rica. Masakan yang satu ini berasal dari Manado, namanya sudah sangat populer di telinga masyarakat Indonesia sampai ke pelosok daerah.

  1. Ayam betutu

Hidangan ayam betutu memang bercita rasa pedas, seperti dua menu sebelumnya. Tetapi, sajian nusantara ini terbilang unik karena ayam yang dihidangkan masih utuh atau tidak dipotong-potong. Menu pedas yang satu ini identik dengan Pulau Bali.

  1. Ayam bumbu rujak

Rasa pedas, gurih, dan sedap akan membekas di lidah setelah menikmati hidangan ayam bumbu rujak. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan takaran pedas yang sesuai selera.

  1. Ayam geprek

Selain ayam penyet, menu ayam populer di berbagai daerah adalah ayam geprek. Daging ayam yang sudah digeprek akan terpisah dari tulangnya sehingga lebih mudah dinikmati. Hampir setiap tempat makan dan restoran yang mengolah masakan daging ayam mempunyai menu ayam geprek.

Kelima jenis masakan ayam di atas bisa anda buat sendiri di rumah sebagai sajian spesial untuk keluarga. Dalam membuat olahan daging ayam, ada beberapa hal yang perlu dimengerti dalam sehingga tetap terjaga nutrisi dan teksturnya, tidak terlalu keras atau lembek. Berikut tips sehat mengolah daging ayam.

Hindari menyimpan daging ayam dalam waktu lama

Lemari pendingin sering kali menjadi tempat penyimpanan berbagai bahan makanan, salah satunya daging ayam. Anda sebaiknya memasukkan daging ayam potong dalam keadaan masih segar, jangan dibiarkan terlalu lama pada suhu ruang. Ketika belanja, beli ayam potong secukupnya untuk beberapa waktu agar tidak tersimpan lebih dari 2 hari.

Simpan pada suhu terdingin

Kulkas dua pintu mempunyai tingkat suhu dingin yang berbeda. Anda bisa menyimpan daging ayam di bagian freezer yang merupakan tempat paling dingin di dalam lemari es.

Cuci bersih alat-alat masak

Sebelum digunakan untuk memasak, tidak hanya masakan daging ayam saja, peralatan masak harus dibersihkan terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan wadah baru atau cuci terlebih dahulu wadah bekas menyimpan daging ayam mentah.

Proses memasak daging ayam

Anda bisa memasak daging ayam pada suhu 73 derajat. Sebelum mematikan api, pastikan terlebih dahulu jika daging benar-benar sudah matang. Caranya tidak harus mencicipi masakan yang belum matang, anda bisa memastikannya dengan menusukkan garpu ke daging ayam tersebut. pastikan warnanya sudah kecoklatan bukan merah lagi.

Lama waktu penyimpanan

Daging ayam yang sudah dipotong mampu bertahan selama 2 hari, kecuali anda menyimpannya dalam keadaan utuh, bisa tahan beberapa hari. Sementara itu, olahan masakan yang tidak habis tetap dapat dikonsumsi dengan pemanasan kembali. Gunakan tutup panci waktu memanaskannya  agar kelembaban daging tetap terjaga dan tidak dihinggapi bakteri.

Menu masakan ayam di atas bisa anda gunakan sebagai referensi untuk hidangan sehat keluarga di rumah. Selain itu, anda bisa memasak semur ayam, balado, ayam bakar, ayam giling dan sajian sederhana lain.

Dalam penyimpanan daging ayam sebaiknya tidak sembarangan, cobalah beberapa tips tersebut agar kualitas daging tetap terjaga. Masakan atau olahan daging ayam apapun, sebaiknya dimasak sampai matang. Apabila anda berencana menjadikannya bekal sekolah, beri hiasan sesuai dengan selera anak-anak.