Cara Memotong Ayam Potong 8, 10, 12 Bagian dengan Mudah

Cara Memotong Ayam Potong 8, 10, 12 Bagian dengan Mudah

Ayam merupakan bahan makanan yang umum digunakan untuk berbagai macam menu – dari ayam goreng, ayam rica-rica, ayam penyet, ayam geprek, ayam sayur, dll. Anda ingin menjual makanan berbahan dasar ayam? Atau Anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan rumah tangga? Simak cara memotong ayam potong 8, 10, 12 bagian dengan mudah berikut ini!

Kenapa ayam perlu potong 8 ?

Pada dasarnya, kita ingin membuat makanan/masakan yang dibuat dari bahan-bahan terbaik. Karenanya, kita tidak menggunakan semua bagian ayam sebagai bagian dari resep. Mungkin Anda berpikir tetap bisa membuat ayam goreng, ayam bakar, ayam kecap, dll. menggunakan semua bagian ayam.

Namun, jika kita berbicara menu bernama Chicken Wing, Chicken Escalope, Chicken Breast, Chicken Leg, Drumstick? Apakah menu-menu itu menggunakan semua bagian tubuh ayam? Nyatanya tidak.

Contohnya lagi, Anda ingin membuat menu Chicken Wing, manakah bagian yang dibutuhkan? Sesuai namanya, Anda membutuhkan bagian sayap untuk membuat menu masakan ini.

Jadi, itulah pentingnya, Anda membuat potongan-potongan ayam potong 8, 10, 12. Lagipula, hal ini akan berguna jika Anda membuat makanan untuk dijual. Tentu untung yang diraup makin tambah asik!

Cara memotong ayam menjadi 8 bagian

Pada intinya, pemotongan ayam menjadi 8 bagian adalah memotong bagian bawah (bagian paha atas-paha bawah) menjadi 4 bagian dan bagian atas (bagian dada-punggung) menjadi 4 bagian. Sehingga total jumlah potongan menjadi 8 bagian. Inilah langkah-langkah penjelasannya!

Taruh ayam diatas talenan, dengan dada menghadap ke atas dan punggung menempel ke talenan.

Belah ayam menjadi dua bagian – bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas ayam terdiri dari kepala (jika belum dipotong), sayap, dada, dan punggung. Bagian bawah ayam terdiri dari paha atas, paha bawah, dan ceker (jika belum dipotong).

Cara membelah ayam menjadi dua ini bisa Anda lakukan dengan mencari sendi paha bagian dalam. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan menyayat hingga bertemu tulang punggung. Potong tulang punggung itu dengan pisau tebal dan besar.

Setelah ayam terpotong menjadi dua bagian, maka langkah selanjutnya adalah memotong bagian bawah ayam sama besar. Anda sebaiknya menggunakan pisau tebal, tajam, dan besar, karena akan bersentuhan langsung dengan tulang. Jika sudah membagi menjadi dua, Anda potong lagi kedua belahan bagian bawah ini untuk menjadikannya paha atas, paha bawah, dan ceker (jika ada).

Sekarang, Anda pindah ke bagian atas ayam – sayap, dada, dan punggung. Kembali gunakan pisau tebal, tajam, dan besar untuk membelah bagian atas ayam menjadi dua bagian. Setelah terbelah, Anda bisa memotong belahan bagian atas ayam ini menjadi dua bagian untuk menghasilkan empat bagian.

Cara memotong ayam menjadi 10 bagian

Pada intinya, pemotongan ayam menjadi 10 bagian adalah memotong bagian bawah (bagian paha atas-paha bawah) menjadi 4 bagian dan bagian atas (bagian dada-punggung) menjadi 6 bagian. Sehingga total jumlah potongan menjadi 10 bagian. Berikut penjelasannya!

Taruh ayam utuh di atas talenan, dengan dada mengarah ke atas dan punggung menghadap ke talenan.

Anda bisa membelah ayam menjadi dua bagian – bagian dada-punggung dan bagian paha atas-paha bawah. Cara membelahnya: sayat bagian pangkal paha terus hingga ke arah punggung. Tulang punggungnya nanti bisa dipatahkan dan dipotong dengan pisau.

Anda bagi bagian bagian paha atas-paha bawah menjadi empat. Caranya: belah terlebih dulu bagian tersebut menjadi dua bagian yang sama besar. Setelah itu, Anda cari bagian pangkal paha bawahnya dan potong tepat di bagian itu. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan pada bagian paha yang lain.

Tugas Anda selanjutnya adalah membelah bagian dada-punggung. Caranya: taruh bagian dada-punggung diatas talenan, dengan dada menghadap ke atas. Belah bagian dada, diikuti belah bagian punggung. Bagian dada-punggung pun sekarang menjadi dua bagian.

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah membagi belahan bagian dada-punggung menjadi tiga bagian. Caranya, Anda bisa mulai memotongnya di bagian dada ujung, tengah, dan sayap. Belahan bagian dada-punggung lainnya juga dilakukan pemotongan yang sama.

Cara memotong ayam menjadi 12 bagian

Pada intinya, pemotongan ayam menjadi 12 bagian adalah memotong bagian bawah (bagian paha atas-paha bawah) menjadi 4 bagian dan bagian atas (bagian dada-punggung) menjadi 8 bagian. Sehingga total jumlah potongan menjadi 14 bagian. Berikut penjelasannya!

Anda bisa meletakkan ayam utuh di atas talenan – dada menghadap ke atas dan punggung mengarah ke bawah.

Belah ayam utuh menjadi dua bagian besar (bagian punggung-dada dan bagian paha bawah-paha atas). Cara membelahnya, Anda bisa melakukan sayatan di pangkal paha, kemudian melanjutkannya sampai ke arah punggung. Jika sudah sampai di bagian tulang punggung, Anda bisa memotongnya dengan pisau.

Pisahkan dua bagian besar ini, Anda ambil bagian paha bawah-paha atas dan potong menjadi dua bagian yang sama besar. Setelah itu, Anda potong lagi kedua belahan ini masing-masing untuk memisahkan paha bawah dan paha atas. Anda selesai dengan bagian bawah.

Selanjutnya, Anda bisa membelah bagian atas sama besar, lalu memotong bagian sayap masing-masing belahan. Anda sudah punya dua bagian sayap.

Setelah itu, Anda bisa memotong belahan bagian dada-punggung menjadi 3 bagian, sehingga Anda akan memiliki 6 bagian.

Kesimpulan

Tidak ingin repot-repot memotong ayam potong 8, 10, 12 bagian? Anda sebaiknya membeli ayam potong yang sudah dipotong saja. Sehingga, Anda bisa menghemat waktu dan langsung ke proses berikutnya, yaitu mengolah ayam menjadi makanan berkualitas untuk keluarga atau pelanggan saja. Demikian cara memotong ayam menjadi beberapa bagian ini. Semoga membantu!