Manfaat Mengonsumsi Ayam Potong 4 dan Tips Memilih Daging Ayam

Manfaat Mengonsumsi Ayam Potong 4 dan Tips Memilih Daging Ayam

Ketika Anda berbelanja ayam potong atau ayam broiler, biasanya Anda bisa memilih antara ayam potong 4, potong 6, atau potong 8. Perbedaan di antara ketiganya bukan hanya berdasarkan jumlah potongannya, tapi juga bagian-bagian yang dipotong. Untuk yang dipotong jadi 4, biasanya bagian yang akan Anda peroleh adalah dada kanan dan sayap kanan, dada kiri dan sayap kiri, paha atas kanan dan paha bawah kanan, dan paha atas kiri dan paha bawah kiri.

Pada dasarnya, ayam potong diternakkan memang untuk diambil dagingnya. Karena itulah jenis ayam yang satu ini gemuk-gemuk dan punya banyak daging, sehingga menguntungkan para peternak ayam. Sementara itu, dari sudut pandang konsumen yang mengonsumsi daging tersebut, daging ayam potong pun tak kalah bergizi dan lezat. Sebab, daging ayam potong pun kaya akan nutrisi yang bisa menunjang pertumbuhan tubuh yang sehat.

Manfaat Konsumsi Ayam Potong 4

1. Melengkapi pola makan gizi seimbang.

Seperti yang sudah Anda ketahui, pola makan yang sehat adalah pola makan dengan gizi seimbang. Dalam satu porsi makanan, harus terdapat berbagai jenis makanan dengan kandungan gizi yang bervariasi juga, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Nah, untuk kandungan protein, Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi daging ayam potong 4 yang sudah diolah sesuai dengan selera Anda.

Sebagai makanan sumber protein hewani, daging ayam apapun pada dasarnya mengandung lemak hewani yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan makanan dan menambah energi tubuh. Kemudian, lemak hewani juga berguna untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin.

Pastinya, Anda juga perlu mengonsumsi daging ayam tersebut dalam jumlah yang pas alias tidak berlebihan untuk bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu manfaat lainnya dari mengonsumsi daging ayam adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sangat berguna untuk menjaga tubuh Anda agar tidak mudah sakit, apalagi dalam kondisi cuaca ekstrim dan perubahan cuaca yang tak menentu. Sebab, peningkatan daya tahan tubuh bukan hanya dirasakan dengan mengonsumsi vitamin dan mineral saja, tapi juga dari pola makan yang baik dengan gizi yang seimbang.

3. Menghindari risiko anemia.

Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Efeknya, tubuh pun jadi merasa letih, lemah, dan lesu. Untuk mengatasi masalah ini, penderita anemia harus mengonsumsi zat besi yang bisa diperoleh dari makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, atau dengan mengonsumsi suplemen tambah darah.

Tahukah Anda kalau daging ayam potong, termasuk ayam potong 4 mengandung zat besi? Dengan rajin mengonsumsi daging ayam potong dalam porsi yang seimbang, risiko anemia pun dapat Anda hindari dengan efektif.

Tips Memilih Daging Ayam Potong yang Segar dan Berkualitas

Anda perlu membeli hanya daging ayam potong yang masih bagus kondisinya. Dengan begitu, Anda pun terjamin gizinya karena daging yang masih segar jelas punya kandungan gizi yang lebih baik. Di samping itu, daging yang sudah tidak segar juga berisiko menyebabkan keracunan.

Nah, untuk membantu Anda memilih daging ayam potong 4 yang benar-benar masih segar dan berkualitas baik, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan bagian dada.

Daging ayam yang masih segar biasanya memiliki bagian dada yang bentuknya lebih bulat dan cenderung berisi. Kemudian, daging bagian dada tersebut akan terasa lunak atau empuk jika ditekan.

2. Perhatikan warna dagingnya.

Daging ayam yang benar-benar masih segar biasanya punya warna merah muda alias pink. Karena itu, Anda jelas perlu menghindari daging yang warnanya sudah berubah jadi kelabu atau memiliki semburat warna abu-abu. Sebab, daging dengan warna kelabu menunjukkan bahwa daging tersebut sudah lama disimpan di dalam lemari pendingin, yang juga berarti bahwa waktu pemotongan ayam tersebut sudah sangat lama.

Akan tetapi, ada juga daging ayam segar yang warnanya cenderung kuning. Hal ini bisa terjadi karena warna daging ayam pun dipengaruhi oleh pakannya. Artinya, daging ayam berwarna kuning bukan berarti daging tersebut sudah tak lagi segar. Yang penting warnanya sudah tidak kelabu.

3. Teliti saat memilih daging ayam beku.

Biasanya, supermarket menjual daging ayam potong 4 dalam kondisi beku demi menjaga kesegarannya. Akan tetapi, membekukan daging pun idealnya harus sampai keras seperti batu, yang artinya tidak ada kristal es menempel pada dagingnya. Karena itu, sebaiknya Anda periksa bungkus daging ayam beku yang berada di tumpukan paling bawah. Jika ternyata ada air menetes di dalam bungkusan daging, artinya daging tersebut sudah berulang kali dibekukan. Meskipun gizinya sebenarnya masih terjaga, rasa dagingnya tak lagi selezat daging yang benar-benar masih segar.

4. Hindari daging ayam yang “berdarah”.

Ketika berbelanja di supermarket, sangat umum melihat daging yang dibungkus menggunakan plastic wrap agar pembeli masih bisa melihat kondisi daging tanpa harus memegangnya langsung. Nah, jika Anda menemukan bungkusan daging yang masih memiliki genangan air darah, artinya daging tersebut sudah sering dipegang sebelumnya. Akibatnya, tekstur daging sudah rusak – karena inilah darahnya keluar. Apalagi, daging yang sudah terlalu sering dipegang juga berarti cenderung lebih terkontaminasi.

5. Pilih daging yang lebih mengundang lalat.

Hal ini mungkin terdengar jorok, tapi sebenarnya trik ini sangat berguna untuk membantu Anda memilih daging ayam potong 4 yang masih segar, lho! Apalagi mengingat fenomena penggunaan boraks untuk mengawetkan daging agar masih nampak segar, padahal umurnya sudah harian. Dan rupanya, hewan jauh lebih pintar dalam memilih daging yang masih segar.

Jika daging lebih mengundang lalat, maka bisa dijamin bahwa daging tersebut masih segar. Sedangkan jika lalat tidak mau mendekat, kemungkinan terbesar adalah bahwa daging tersebut sudah terkontaminasi zat kimia berbahaya, termasuk boraks.

Yuk, jaga dan terapkan pola makan yang sehat dan seimbang dengan mengonsumsi daging ayam potong 4 segar!