Yuk Mengenal lebih Jauh Seputar Ayam Karkas yang Layak Konsumsi

Yuk Mengenal lebih Jauh Seputar Ayam Karkas yang Layak Konsumsi

Bagi anda khususnya masyarakat Indonesia, pastinya mengonsumsi daging ayam sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Tentu saja hal ini karena selain kaya akan gizi dan nutrisi, daging ayam pun memiliki harga yang terjangkau bila dibandingkan dengan konsumsi daging lain, seperti daging sapi. Kadang masyarakat senang mengonsumsi ayam yang sudah diolah di pasaran ada juga yang lebih memilih membeli ayam karkas.

Pasti para ibu-ibu rumah tangga sudah tidak asing lagi dengan istilah ayam karkas. Masyarakat khususnya ibu rumah tangga sebagian besarnya gemar membeli ayam karkas. Apa ada diantara yang masih asing dengan ayam jenis ini? Ayam karkas sendiri merupakan daging ayam yang sudah berbentuk potongan-potongan tubuh ayam seperti, paha, dada, kepala, dan kaki atau dalam bentuk ayam potong utuh.

Nah, ayam yang sudah dipotong kepalanya, kakinya, dibersihkan jeroannya, dan dicabut bulunya inilah yang disebut ayam karkas. Sekarang anda sudah paham mengenai sekilas tentang ayam karkas. Berhubung masyarakat Indonesia sering sekali mengonsumsi daging ayam, terutama hasil olahan atau masakan sendiri, penting sekali untuk bisa memperoleh ayam karkas yang layak konsumsi.

Hal ini karena berhubung permintaan daging ayam di pasaran sangatlah tinggi, hal ini berdampak pula pada kualitas daging ayam yang diproduksi. Biasanya selalu terjadi penyimpangan pada bagaimana ayam tersebut dirawat atau penyimpanannya. Sering sekali ada ayam pedaging yang dipelihara dengan tidak layak dengan alasan demi menekan biaya.

Atau ada juga ayam yang selama proses pengolahannya asal dan tidak higienis, penyimpanan daging yang kurang tepat sehingga memengaruhi kualitas daging ayam, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk mengetahui ciri-ciri ayam karkas dalam kondisi baik.

Ciri-Ciri Ayam Karkas yang Sehat

  1. Kulitnya tidak kering dan tidak pula berlendir
    Pastikan ketika memilih ayam jangan sampai tampak kering atau mengeluarkan suatu cairan apalagi berlendir. Karena kulit ayam sehat itu tidaklah berlendir atau kering.
  2. Aroma khas daging ayam segar
    Waspadalah bila menemukan daging ayam yang sudah berbau menyengat, amis, apalagi busuk.
  3. Warna daging putih atau agak krem dan kemerahan
    Jangan pernah membeli ayam karkas yang warnanya kuning atau agak hijau.
  4. Bertekstur kenyal
    Pastikan bagi anda untuk selalu menekan daging ayamnya terlebih dahulu. Daging ayam yang baik akan kembali ke posisi asal ketika ditekan dan tidak ada tanda-tanda lembek. Daging ayam yang baik adalah yang masih bertesktur kenyal apabila ditekan.
  5. Daging ayam mulus
    Maksud mulus disini adalah tidak ditemukannya memar dan tanpa cacat. Oleh karena itu pastikan dengan jeli ketika hendak membeli ayam karena ayam karkas yang bagus tidak mungkin memiliki memar.
  6. Berserat halus
    Anda tak perlu khawatir ketika daging ayam masih ada darah yang keluar ketika ditekan, serta memiliki serat yang halus. Hal ini membuktikan bahwa daging ayam tersebut masih bagus.
  7. Tidak adanya lemak pada serat daging
    Walaupun daging ayam termasuk kedalam makanan yang mengandung lemak jenuh, tapi pastikan daging tersebut tidak ada lemak diantara serat daging. Demi kesehatan, hindarilah ayam yang ada lemak tepat diantara serat dagingnya.

Selain memperhatikan ciri-ciri fisik ayam, anda pun harus teliti terhadap kualitas kebersihan tempat pemotongan dan penjualannya. Pastinya harus bersih dengan air mengalir berkualitas baik yang berfungsi untuk mencuci ayam karkas.